Langsung ke konten utama

Jenis-jenis Paragraf


Paragraf eksposisi

Rusaknya Pesepakbolaan Indonesia
Hingga saat ini, perkembangan olahraga di Indonesia masih belum memuaskan. Walaupun Indonesia memiliki banyak atlet-atlet yang berprestasi ditingkat Internasional, tetapi prestasi yang diperoleh masih kalah dengan Negara-Negara yang memiliki wilayah dan penduduk lebih sedikit dibandingkan Indonesia. Hal itu disebabkan karena banyaknya oknum-oknum licik yang membuat olahraga Indonesia menjadi melemah dan hancur.

Tahun 2015 ini, PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) membuat solidaritas Pesepak bolaan Indonesia menjadi tercemar di mata dunia. Bulan Januari 2015, PSSI membuat masalah dengan BOPI (badan profesional olahraga Indonesia). Hal itu mengundang FIFA (Federation Internationale de Football Association) mendatangi PSSI untuk memberikan sangsi tegas terhadap PSSI.


Paragraf Persuasif

Membangun Negara
Tanggal 17 agustus 1945 ,Indonesia telah menyatakan kemerdekaannya. Nyawa dan darah seakan menjadi bukti, bagaimana perjuangan rakyat Indonesia membela negaranya. Dari ribuan nyawa yang melayang, tertanam rasa pahlawan dan keinginan untuk mengibarkan sang merah putih di langit Indonesia.

Walaupun Indonesia sudah dinyatakan merdeka, tetapi masih banyak negara-negara yang berusaha untuk menjajah Indonesia dengan tidak disadari. Contohnya denga mengirim narkoba, obat-obatan yang dapat merusak otak, dan mengganti tontonan anak dengan film dewasa yang mengandung unsur negatif.

Untuk itu, kita sebagai pewaris dan generasi Indonesia, harus bisa memperjuangkan apa yang telah dilakukan oleh pahlawan kita. Karena kita sekarang tidak harus berjuang dan bersusah payah untuk memajukan bangsa Indonesia. Kita hanya perlu belajar dan menunjukan pada dunia bahwa bangsa indonesia adalah bangsa yang hebat dan cerdas. Karena dengan belajar kita dapat membawa bangsa indonesia harum di mata dunia.


Paragraf Persuasif

Pelukmu Adalah Kebahagianku
Renungkan dan hayati cerita di bawah ini untuk menyadarkan kita betapa pentingnya sosok seorang Ibu dalam diri kita.

Pada zaman dahulu, ada seorang anak yang hidup bersama kedua orangtuanya di desa terpencil. Suatu hari, anak itu bertanya kepada Ibunya. “Ibu, mengapa Ibu menangis ?” Lalu sang Ibu menjawab, “Sebab Ibu adalah seorang wanita, nak.”

“Aku tidak mengerti,” Cakap sang anak kepada Ibunya. Lalu sang Ibu hanya tersenyum dan memeluknya erat-erat. “Nak, kamu memang tidak akan pernah mengerti.” Kemudian ia pergi bertanya kepada ayahnya. “Ayah, mengapa Ibu menangis.” Sang Ayah menjawab “karena Ibu adalah seorang wanita.” Lalu Anak kembali bertanya, “memang kenapa dengan wanita...?” Ayah langsung menjawab “karena wanita memiliki hati dan jiwa yang lembut untuk menyayangi keluarganya, terutama anak yang sangat ia cintai.” Lalu sang anak meneteskan air mata dan berlari menuju Ibunya dan memeluk sang Ibu dengan erat. “Aku akan membuat Ibu bahagia dan tidak akan membiarkan Ibu meneteskan air mata lagi, selagi aku masih bisa melihat Ibu.” Ucap sang anak dipelukan Ibunya.

Sayangilah Ibu kita dan rawat dia sebagai mana beliau merawat kita dari kecil hingga dewasa. Walaupun kita tau, kita tidak akan bisa membalas jasa yang sudah ia korbankan untuk kita.




Contoh Paragraf Deskripsi

Burung Merpati
Burung merpati adalah jenis burung yang memiliki bulu sangat indah dan bermacam-macam, Salah satunya adalah merpati putih. Merpati putih adalah salah satu dari banyaknya burung merpati yang dijuluki sebagai burung suci dan burung penyayang.

Merpati putih disebut sebagai burung suci karena burung merpati putih memiliki bulu yang sangat cerah berwarna putih yang melambangkan kesucian. Selain itu burung merpati putih juga dikenal sebagai burung penyayang, karena merpati putih sangat menyayangi pasangannya dan melakukan hal apapun bersama. Seperti yang ada di bawah ini, merpati putih sedang terbang berdua dengan pasangannya dan mengepahkan sayapnya di langit yang sangat cerah berdua.




Contoh Paragraf Deskripsi

Buku Tulis
Buku adalah lembaran kertas yang digabung menjadi satu bagian dan menjadi tumpukan kertas tebal yang sangat indah. Banyak jenis-jenis buku, salah satunya adalah buku tulis. Buku memiliki sifat yang halus, berwarna putih polos yang menyerupai persegi dan memiliki ukuran rata-rata 10 sentimeter.

Buku tulis dapat kita jumpai di pasar maupun di toko buku terdekat. Buku tulis biasanya digunakan untuk menulis cerita, karangan, dan masih banyak lagi. Dengan adanya buku tulis kita bisa lebih mudah mencatat informasi atau membuat karangan dan cerita kita sendiri.








Contoh Paragraf Narasi

John Cena
John Cena adalah pemain gulat yang berasal dari Amerika Serikat. Ia memiliki Ciri has yaitu selalu memakai celana levis, memiliki otot yang besar dan terkenal dengan gaya hormatnya sebelum bertanding. Ia juga salah satu dari banyaknya pegulat yang dijuluki sebagai superstar.

Sejak kecil saya sangat gemar bermain game gulat dan selalu menjagokan John Cena. Tetapi banyak hal negatif dalam permainan yang satu ini. Mulai dari membanting lawan, memukul lawan dengan benda keras, dan banyak yang menggunakan tato di tubuhnya.

Saya mulai penasaran dengan game ini sejak dulu, saya berfikir bahwa ini hanya sekedar hiburan biasa. Tetapi teman saya Yogi mengatakan bahwa permainan ini memang benar-benar ada di dunia nyata. Dari situlah penasaran saya semakin memuncak. ‘’masa iya, menendang lawan dan memukul lawan dengan benda keras tidak terjadi apa-apa, hanya seperti orang terkena lemparan batu yang sakitnya hanya sementara.‘’ Ucap saya kepada Yogi. ‘’Kalau kamu tidak percaya lihat saja sana di youtube.’’ Ucap Yogi kepada saya. ‘’Oke.. saya besok pergi ke warnet, untuk memastikan benar atau tidak kalau game ini memang benar-benar ada di dunia nyata.’’ Ucap saya kembali.

Keesokan harinya, saya langsung pergi ke warnet untuk menghilangkan rasa penasaran saya. Sesampainya di warnet, saya langsung membuka game ini. Ternyata memang benar ada, lalu saya mengetik nama sang superstar John Cena. Ternyata benar, di situ juga ada John Cena. Sekilas wajahnya mirip seperti yang ada digame. Lalu saya coba membuka videonya. ‘’Wah keren, John Cena juga hebat diaslinya.’’ Ucap saya dengan tersenyum. Satu lagi penasaran saya yaitu memastikan bahwa John Cena tidak memiliki tato di tubuhnya. Saya coba membuka foto-foto sangsuperstar. Perlahan tapi pasti saya coba melihat di bagaian badannya, ternyata memang benar tidak ada tato sedikit pun. ‘’Wahh, sudah keren, berotot, dan tidak bertato pula. Ini baru sangsuperstar.’’ Tidak banyak bergaya tetapi dapat mengalahkan lawannya yang lebih besar dan memiliki wajah seram.







Contoh Paragraf Narasi

Cerita Keseharianku
tanggal 29 Januari 2015 tepatnya hari kamis. Aku memulai kehidupan baru dipagi hari. Aku bangun dari temapat tidur sekitar pukul 05:00. Aku langsung menuju kamar mandi mengambil air wudhu. Setelah selesai, aku kembali ke kamar untuk melaksanakan solat subuh. Pada pukul 06:00 saya bersiapa-siap untuk lari pagi disekitar rumah. Olahraga dipagi hari sangat bermanfaat bagi jantung, juga dapat membuat badan kita terasa lebih sehat dan kuat. Setelah hampir satu jam berlari, aku langsung menuju rumah untuk kembali beristirahat sejenak.

Pukul 07:00 aku langsung mengantar kaka pergi kerja. Setelah selesai mengantar kaka. Aku langsung pergi mandi dan pergi bermain ke Warnet( warung internet). Setelah selesai bermain, aku langsung membeli makan untuk dibawa ke rumah. Selesai makan, aku beristirahat sambil memainkan gitar.

Tidak terasa pagi sudah berganti siang. Azan di masjid pun sudah berkumandang, aku langsung bergegas menuju masjid yang ada di belakang rumahku. Aku langsung menuju tempat wudhu untuk mengambil air wudhu sebelum solat dimulai. Selesai solat, Aku langsung menuju rumah dan bersantai kembali.

Pada pukul 13:00 aku pergi ke kamar untuk tidur siang. Setelah terbangun dari tidur, ternyata sudah pukul 15:30. Setelah beberapa menit, aku pergi mandi untuk melaksanakan solat ashar. Setelah selesai solat, aku kembali ke rumah dan bermain gitar.

pukul 17:30 aku pergi bermain menuju ke rumah temanku yang bernama ariff. Setelah sampai di rumah ariff, ternyata dia tidak ada di rumah. aku langsung menelfonnya, ternyata dia sedang berduka di rumah mantan gurunya. Aku menyuruh dia untuk pulang, sudah menunggu hampir 30 menit ariff belum juga datang. rintik-rintik hujan datang dari langit, terpaksa saya menunggu di bawah pohon dekat jalan.

Setelah sudah hampir satu jam menunggu, dia belum juga datang. Aku langsung menelfonnya kembali, belum sempat menelfon ternyata ada yang memegang pundak saya dari belakang. Aku langsung menengok ke belakang. Ternyata itu adalah nenek-nenek berwajah kotor yang sedang memegang tikar dan barang. ‘’ Dik, boleh ikut naik motornya.’’ Ucap si nenek itu. Dengan rasa takut yang luar biasa, sampai hatiku terasa dag.. dig.. dug.. aku langsung mendorong motorku beberapa meter dan langsung pergi menjauhi nenek itu. Dengan perasaan yang masih sangat ketakutan, aku tidak menengok ke belakang sedikit pun.

Aku langsung berhenti di warung kopi untuk menenangkan diriku. Aku kembali menelfon ariff, ternyata dia belum juga selesai. Setelah perasaanku sudah agak tenangan, aku kembali bergegas menuju rumah. ‘’ apa karena aku belum solat maghrib ya?’’ ucap aku di dalam hatiku. kejadian itu masih belum hilang diraga ku.

Karena waktu sudah memasuki solat isya, terpaksa aku meninggalkan solat mahgrib dan hanya solat isya saja. Aku langsung mengambil wudhu dan pergi solat. Setelah selesai solat, aku merasa lebih tenang dan tidak kepikiran kejadian itu lagi. Aku bergegas masuk kamar dan mengambil laptop. Waktu sudah memasuki malam hari. Aku langsung menarik selimut dari tempat tidurku dan SELESAI.



Contoh Paragraf Narasi

Kucing Peliharaanku
Saya pernah memelihara kucing di kampung yang saya berinama Brown. Ia kudapat saat aku sedang lari pagi denga teman-temanku. Saat kita semuah berlari, ada seekor kucing yang sedang mengikuti kita. Saya menghampiri Kucing itu dan mengelus kepalanya. Ketika saya berlari menjauhi Kucing itu, ia selalu mengikuti kemana aku berlari. Sampai selesai berlari pun dia tetap mengikuti.

Karena saya kasian melihat anak kucing itu sendiri, saya membawa pulang dan memberi makan kepadanya. Ternyata dia sangat lapar sampai sampai makanan yang saya beri langsung habis di makan. Dia adalah tipe kucing yang tidak nakal, karena dia tidak mengganggu ataupun mengambil makanan yang ad di meja makan.

Sekarang dia sudah berumur kira kira 3 tahun lebih. dia sudah ku anggap seperti teman bermain ku sendiri. Ia selalu ku ajak bermain saat mempunyai waktu luang. Aku biasanya bermain menggunakan lidi yang aku goyang goyangkan kekanan kekiri. Sekarang dia sudah menjadi kucing yang hebat dan sering menangkap tikus yang ada dirumahku. Ia pun pernah menangkap ular.

Sekarang aku sudah berpisah dengannya dan tidak hidup bersama lagi. Mugkin sekarang ia sudah mempunyai anak dan istri. Karena saya sudah berpisah sudah dengannya, saya meminta nenek saya untuk merawat Brown dn memberi makan supaya dia sehat dn kuat.




Contoh Paragraf Narasi

II. Sejarah Kopi
Kopi sudah tidak asing lagi di telinga kita, bahkan semua negara di dunia sudah mengenal minuman yang satu ini. Ternyata di balik rasanya yang enak dan membuat kita ketagihan. Kopi juga menyimpan banyak misteri di dalamnya. Misteri yang pertama adalah.

- sejarah kopi
Kopi sudah ada sejak 800 tahun yang lalu. Sejarah kopi datang dari seorang anak penggembala kambing yang hidup di desa. Anak yang hanya bekerja sebagai penggembala kambing di kampungnya ini, setiap pagi membawa kambing-kambingnya menuju padang rumput yang luas.

Setiap pagi sampai menjelang petang, ia hanya menunggu kambing-kambingnya yang sedang asik makan. Anak itu sangat tekun memperhatikan kambingnya sekarang sudah mencapai 20 ekor. Ia tidak pernah lupa menghitung kambing-kambingnya sebelum pulang. Melihat kambing-kambingnya yang sedang memakan biji kopi, ia kawatir dengan kesehatan kambingnya yang jarang sekali memakan rumput. Tetapi kambingnya tidak pernah mengalami sakit dan keracunan saat sedang memakan biji kopi itu. Kambingnya bahkan sangat bersemangat dan saat malam hari tidak pernah tidur. Si penggembala pun tertarik untuk mencoba memakan biji kopi itu. Setelah mencoba memakan biji kopi, ternyata pada malamnya penggembala itu mengalami hal yang sama dengan kambing-kambingnya.

Disitulah kopi terkenal sampai ke seluruh dunia dan sudah memiliki nama yang bermacam macam yaitu:

-Kopi luak. Kopi luak adalah biji kopi yang datang dari kotoran hewan yang bernama Luak yang sudah di cuci bersih dan memiliki harga yang cukup mahal.

-Kopi Lampung. Kopi lampung adalah kopi yang berasal dari daerah lampung. Yang terkenal dengan rasanya yang sedikit pahit dan semuah rakyat lampung rata-rata ladangnya memiliki pohon kopi.



Contoh Paragraf Narasi

Dinosaurus
Pada jaman dahulu sekitar jutaan tahun yang lalu, sebelum manusia hidup di bumi. Ada hewan yang sudah menempati bumi terlebih dahulu. Banyak jenis hewan yang hidup di bumi pada jaman dahulu, ada yang herbivora, omnivora, dan karnivora. Nama hewan itu sendiri ada yang bernama apatosaurus,triceratop dan yang paling di takuti yaitu tyrannosaurus rex.

Dan ada juga hewan purba yang masih hidup sampai sekarang yang berada di indonesia yang bernama komodo. Dan ada juga hewan yang paling di takuti oleh semua binatang dinosaurus yang bernama tyrannosaurus rex. Tyrannosaurus adalah hewan yang memiliki gigi tajam, mata berwarna merah, dan kaki yang sangat kuat untuk berlari mengejar mangsanya itu. Kaki tyrannosaurus rex mirip seperti hewan mamalia kanguru.

Tetapi pada masanya ada hujan meteor yang sangat dasyat yang berjatuhan dari langit yang menyebabkan hewan hewan mati dan terancam punah. Dan datanglah manusia ke bumi ini, dan pada jaman dahulu di sebut manusia purba.




Contoh Paragraf Narasi

Mengejar Mimpi Mario Dan Teguh
Di sebuah desa terpencil. ada dua anak dari keluarga miskin yang sangat pintar dan rajin, yaitu bernama Mario dan Teguh. Ia adalah teman sejak kecil dan selalu berdua untuk melakukan hal apapaun. Hobi mereka berdua adalah membantu ke dua orang tua dan belajar. Ia pun setiap hari membantu pekerjaan orang tua mereka sebelum bermain. Dia biasanya menghabiskan waktu bermain berdua dengan membaca buku tentang teknologi-teknologi canggih masa sekarang.

Karena dia adalah anak yang rajin dan selalu membantu orang tuanya, ia di dukung oleh kedua orang tuanya untuk mengejar cita-cita mereka berdua. Mereka berdua bercita-cita untuk membuat mesin tegnologi yang canggih dan bisa terkenal sampai ke dunia internasional. Karena dengan penuh semangat dan di dukung oleh keluarganya ia langsung terjun bersekolah di jurusan otomotif.

Setelah beberapa lama bersekolah di otomotif Mario dan Teguh mampu membuat sepedah motor yang super hebat dan belum ada di dunia, sepedah motor buatan Mario dan Teguh tidak harus menggunakan bahan bakar untuk berjalan, karena hanya menggunakan energi alternatif yaitu dengan menggunakan sinar matahari.

Kini hasil buatan mereka berdua sudah terkenal sampai dunia internasional dan juga memenangkan kejuaran otomotif yang di gelar di amerika. Kareana keyakinan mereka untuk mengejar mimpi dan di dukung oleh ke dua orang tua, ia mampu menunjukan kepada dunia bahwa tidak semua rakyat miskin tidak dapat bersaing dengan orang-orang yang lebih kaya dari mereka. Dan juga membawa nama indonesia harum di mata dunia.








Add caption




Contoh Paragraf Narasi

Tiga Pendekar Fantasy
Cerita ini menceritakan tentang Tiga sosok pemuda Cerdas dan pemberani yang Bernama Cho, Kho dan Wie. Mereka adalah Tiga pemuda dari keluarga Bangsawan, mereka diberi tugas untuk melindungi kerajaan Fantasy yang akan diserang oleh kerajaan Hamburg. Kerajaan Hamburg adalah kerajaan yang dikenal sebagai pengambil alih kerajaan lain yang dipimpin oleh Raja Fergusen, yaitu Raja yang memiliki sifat kejam dan serakah.

Jumlah prajurit kerajaan Fantasi yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kerajaan Hamburg, membuat Kerajaan Fantasi kebingungan bagai mana cara mengalahkan Kerajaan Hamburg. Maka dari itu Cho, Kho, Wie yang menjadi pelindung bagi Kerajaan, harus bisa menyusun rencana lebih hebat dan yang terpenting dapat mengalahkan kerajaan Hamburg dengan Prajurit yang ada saat ini. ‘’Tidak mungkin kita bisa melawan prajurit dari kerajaan Hamburg yang begitu banyak dan kuat, sedangkan kita hanya punya setengah dari Prajurit yang mereka miliki dan belum memiliki senjata selengkap kerajaan Hamburg’’ ucap Cho kepada Dua temannya.

Setelah Cho, Kho, Wie berfikir keras. Ahirnya Kho mempunyai cara untuk dapat mengalahkan kerajaan Hamburg, yaitu dengan membuat Juba yang tidak bisa dilihat oleh mata seseorang. Setelah cukup lama mereka mencari cara bagaimana cara membuat Juba menghilang itu, akhirnya Cho, Kho, Wie bisa menemukan alat yang dapat membuat Juba menghilang itu.

Waktu yang ditunggu akhirnya datang juga, terdengar suara gemuruh yang menuju ke kerajaan Fantasy. ‘’Sepertinya itu adalah Raja Fergusen dan para Prajuritnya yang akan menyerang kerajaan kita. ucap Wie’’. Wie langsung menyuruh Prajurit memakai juba dan mengambil senjata untuk Perang habis habisan melawan Prajurit Hamburg.

Akhirnya dengan bantuan Juba menghilang, Prajurit Hamburg banyak yang meninggal. Sedangkan Raja Fergusen hanya bisa terdiam dan kebingungan. ‘’Bagaimana Prajurit saya bisa terbunuh sebanyak itu dan siapa yang sudah menyerangnya’’ Ucap Fergusen sambil kebingungan. Karena merasa sudah terkalahkan. Akhirnya Fergusen menyuruh Prajuritnya untuk kembali ke Kerajaan dan menyerah begitu saja.

Perang kali ini akhirnya dimenangkan oleh kerajaan Fantasi, berkat kecerdasan dan keberanian Cho,Kho, Wie membuat Juba menghilang yang membantu mengalahkan kerajaan Hamburg dengan Prajurit yang jauh lebih sedikit. Saat itulah Cho, Kho, Wie di beri julukan ‘’Tiga Pendekar Fantasi’’.

The Legend of Cho, Kho, Wie.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senjata Makan Tuan

Suatu hari, ada seorang anak SD bertanya kepada ayahnya mengenai apa itu politik. “Pak, politik itu apa sih?” Tanya Tono kepada bapaknya. “Duh Nak, pertanyaanmu terlalu berat untuk anak seusiamu,” Jawab bapakTono. “Tapi Tono pengen tau Pak.” Tanya Tono kembali. “Yaudah begini saja, bapak coba jelaskan sedikit dengan bahasa yang mudah dimengerti” Jawab si bapak sambil mengusap-mengusap rambut Tono “Nah, gitu dong Pak” Tutur Tono sambil tersenyum. “Bapak kan kepala keluarga yang tugasnya mencari nafkah, dimisalkan bapak ini kapitalisme. Kalo ibumu itu mengatur keuangan untuk keluarga, diibaratkan ibumu itu pemerintah. Kapitalisme dan pemerintah, jadi bapak dan ibumu tugasnya memenuhi kebutuhanmu sebagai anak, dan bapak mengibaratkan kamu ini rakyat. Nah, bi Inem pembantu kita, bapak umpamakan sebagai buruh dan adikmu yang masih kecil itu bapak anggap masa depan. Jadi kalo diibaratkan politik itu seperti itu. Sekarang coba kamu pikirkan sendiri, coba hubungkan dengan kehidupan

Bapak Republik yang Dilupakan

Diburu oleh polisi rahasia di dua benua dan 11 negara, menguasai delapan bahasa (Indonesia, Minang, Belanda, Rusia, Jerman, Inggris, Mandarin, dan Tagalog), memiliki 23 nama samaran, 13 kali di penjara, memiliki lima jenis pekerjaan, 20 tahun di dalam pelarian. Lantas, siapakah dia? Dalam pelajaran sejarah sejak SD sampai SMA, kita mengenal nama-nama seperti Sukarno, Bung Hatta, H. Agus Salim, dan tokoh lainnya. Namun, ada satu nama yang lupa disebutkan dalam pelajaran sejarah kita ini. Sosok revolusioner, seorang penggagas pertama kata Republik Indonesia yang berasal dari Padang. Gigih menentang penjajah cintanya pada negeri tak terbantah, berpikiran visioner dan revolusioner. Namun sayang, karena alasan ideologi namanya tenggelam. Dia adalah Tan Malaka yang bernama asli Sutan Ibrahim, lahir tanggal 2 Juni 1897 di Pandam Gadang, Suliki, Sumatera Barat. Putra dari Rasad Caniago dan Sinah Simabur, dia mendapat gelar semi bangsawan dari ibunya, menjadi Sutan Ibrahim Datuk Tan Ma

Perang Sonderbund, Perang Saudara Di Tanah Netral

Sebagian besar orang awam menganggap kalau Swiss adalah negara netral dan tidak pernah terlibat perang. Namun faktanya negara senetral dan sedamai Swiss juga tak luput dari peperangan. Sejarah itu terjadi pada tahun 1847. Swiss mengalami perang saudara yang dinamakan Perang Sonderbund atau Sonderbundkrieg. Konflik ini terjadi antara pihak pemerintah protestan yang pro-reformasi dan kelompok Sonderbund katolik konservatif. Latar belakang dari perang ini dapat ditelusuri ditahun 1840an ketika kelompok partai liberal Swiss (yang terdiri dari perwakilan canton protestan) mendominasi di dewan legislatif nasional atau Tagzatsung.Salah satu dari ambisi kelompok ini adalah menekan kekuasaan gereja katolik, kelompok ini juga membuat konstitusi baru yg berniat menyatukan semua negara bagian atau biasa disebut canton . Namun tidak semua canton menerima konstitusi ini, beberapa canton yang penduduknya mayoritas beragama katolik menolak reformasi ini dan canton Lucerne, Fribourg, Uri,